7 Dampak Buruk Apabila Kekurangan Air Putih Untuk Tubuh

dampak buruk kekurangan air putih7 dampak buruk apabila kekurangan air putih untuk tubuh – Air adalah bagiam yang sangat penting yang perlukan untuk tubuh manusia, tetapi banyak yang membiarkannya saja dengan tidak rajin minum air putih. Kondisi ini selalu di alami orang yang di tempat atau di ruangan yang dingin, dengan beralasan mereka tidak merasakan haus. Sebagai anjuran, jangan mengikuti keinginan tersebut. Air merupakan zat gizi utama dalam kesehatan tubuh yang berfungsi sebagai mineral di dalam tubuh, penyedia elektrolit, pengatur suhu tubuh, pelumas, pelarut, dan katalisator.

Dampak Buruk Kekurangan Air Putih

Berikut ini beberapa dampak buruk apabila kekurangan air putih untuk tubuh, yaitu :

  1. Menyebabkan Sel-sel Otak Menjadi Tidak Aktif

Ketika seseorang mengalami kekurangan cairan, jadi dia akan menghadapi dehidrasi. dehidrasi ini bisa menimbulkan cairan otak berkurang dan asupan oksigen yang sepatutnya beredar ke otak menjadi menurun. Kondisi ini menimbulkan sel-sek otak menjadi tidak berkembang dan tidak aktif, hingga bisa berkurang.

  1. Mengurangi Konsentrasi

Otak mempunyai struktur yaitu cairan, dan jika otak tidak menghasilkan asupan air yang mencukupi, maka dapat merusak kinerja kognitif (kepandaian). Otak yang tidak bisa menerapkan kinerja kognitif dapat menjadikan seseorang tidak berkonsentrasi, mudah lupa, bahkan lamban untuk berfikir.

  1. Menimbulkan Halusinasi Hingga Meninggal

Dehidrasi bisa menimbulkan gejala kecil seperti warna air kencing pekat, denyut nadi cepat, lelah, badan panas, tenggorokan kering, sakit kepala, haus, ataupun gejala besar seperti halusinasi hingga meninggal.

  1. Menimbulkan Peradangan Kandung Kemih

Sensitif terhadap peradangan kandungan kemih, sebab kuman tidak bisa keluar karena kurangnya mengkonsumsi air putih. Adapun tanda-tanda peradangan kandungan kemih bisa seperti darah dalam air seni, sakit di area atas tulang kemaluan, perasaan tidak bisa menunda buang air kecil, nyeri ketika buang air kecil, dan suhu badan sikit meningkat. Untuk wanita dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih, sebab panjang saluran kemih lebih pendek dibandingkan dengan laki-laki. Jika banyak minum air putih bisa mendorong bakteri keluar dari saluran kemih dan menurunkan ancaman infeksi kandung kemih.

  1. Dapat Membuat Kulit Lebih Cerah

Jika kurang mengkonsumsi air putih pun bisa menjadikan kulit tidak cerah. Hal ini disebabkan peredaran darah kapiler pada kulit menjadi tidak optimal.

  1. Merusak Kinerja Ginjal

Kurang mengkonsumsi air putih bisa merusak peran ginjal. Maka dari itu, konsumsilah air putih yang cukup perharinya, sebab air bisa membantu memperlancar sistem peluruhan bagian produksi batu ginjal, yang pada hasilnya keluar disertai dengan kemih ketika buang air seni.

  1. Sering Mengalami Pusing

Dengan menurunnya cairan pada otak, maka dapat timbul masalah di area tersebut. kurang mengkonsumsi dapat menjadikan kepala terasa pusing dan sakit.

Lihat juga artikel terkait tentang Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Dengan Cepat

Maka, dari sekarang mulailah rutin mengkonsumsi air putih. Cukupi kebutuan sehari-hari Anda terhadap air putih supaya tercegah dari masalah-masalah kesehatan yang sudah dijelaskan di atas. Semoga dengan adanya artikel ini berguna untuk kita semua.

Source : www.mayoclinic.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *